Shadow

Apa itu Bitcoin?

apa itu bitcoin
bitcoin

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital (cryptocurrency) yang diciptakan tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Transaksi menggunakan bitcoin dilakukan tanpa perantara, yang artinya tidak ada bank. Tidak ada biaya administrasi atas transaksi yang dilakukan dan Anda juga tidak perlu untuk memberikan nama asli Anda. Saat ini semakin banyak pelaku usaha baik itu toko online maupun yang offline mulai menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Di luar negeri, Anda dapat membeli layanan domain, webhosting, pizza atau bahkan jasa pijat sekalipun.

Mengapa Menggunakan Bitcoins?

Bitcoins bisa digunakan untuk bertransaksi atau membeli barang dagangan secara anonim/awanama (tanpa nama/ tidak beridentitas) . Selain itu, pembayaran internasional yang mudah dan murah karena Bitcoins tidak terikat dengan negara manapun atau tunduk pada peraturan. Usaha kecil mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan bitcoin karena tidak ada biaya kartu kredit. Beberapa orang hanya membeli Bitcoins sebagai investasi, berharap bahwa mereka akan naik nilai.

Cara Mendapatkan Bitcoins

penjelasan tentang bitcoin
bitcoin

Beli di Exchange / Marketplace

Beberapa pasar (marketplace) yang disebut “pertukaran bitcoin” memungkinkan orang untuk membeli atau menjual Bitcoins menggunakan mata uang yang berbeda. Indodax (Bitcoin.co.id) merupakan tempat pertukaran dan jual beli bitcoin terbesar di Indonesia.

Transfer

Orang bisa mengirim Bitcoins satu sama lain menggunakan aplikasi di ponsel pintar atau komputer. Hal ini mirip dengan mengirimkan uang tunai digital.

Pertambangan (Mining)

Orang berlomba “menambang” Bitcoins menggunakan komputer untuk menyelesaikan teka-teki matematika yang rumit. Ini adalah bagaimana Bitcoins diciptakan. Saat ini artikel ini ditulis, penambangan bitcoin yang berhasil, dihargai dengan 25 Bitcoins kira-kira setiap 10 menit.

Memiliki Bitcoins

Penyimpanan Bitcoins menggunakan “dompet digital,” yang ada baik di awan (cloud server) atau di komputer pengguna. Dompet ini semacam rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima Bitcoins, membayar belanja atau atau untuk sekedar menyimpan uang.

Keadaan Tanpa Nama (Anonnim)

Meskipun setiap transaksi bitcoin dicatat dalam jejak digital secara publik, nama-nama penjual dan pembeli tidak pernah terungkap – hanya ID dompet bitcoin (semacam nomor rekening). Transaksi bitcoin bersifat privat sehingga sulit untuk melacak siapa yang melakukan transaksi.

Masa depan Bitcoin

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi bitcoin. Hal – hal sehubungan dengan bitcoin sebagian besar tidak diatur, tapi itu bisa berubah. Pemerintah mulai memperhatikan tentang aspek perpajakan dan kurangnya kontrol atas mata uang digital ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.