Shadow

Apa itu Vitamin C dan Kegunaannya?

Vitamin c dan kegunaan fungsinya
Vitamin c

Vitamin c telah menjadi vitamin yang paling sering kita dengan dan temui dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu berupa minuman suplemen atau pun dalam buah – buahan. Tubuh membutuhkan vitamin c untuk lebih dari 300 fungsi. Faktanya, vitamin c telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung, kanker dan penyakit serius lainnya. Tanpa vitamin c, tubuh juga tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan vitamin c sangat penting untuk pembentukan kolagen. Saat seseorang terluka, kolagenlah yang membantu memperbaiki kerusakan jaringan tubuh dan tanpa vitamin c yang cukup, hampir tidak mungkin mengharapkan kesembuhan yang cepat. Kolagen memiliki banyak fungsi dalam tubuh, termasuk menjaga organ tetap pada tempatnya.

Vitamin c juga merupakan antioksidan bagi tubuh dan membantu vitamin dan mineral lain untuk diserap dengan lebih baik. Asam folat dan zat besi, misalnya, membutuhkan vitamin c untuk memaksimalkan kegunaannya. Semakin banyak vitamin yang dimiliki tubuh, semakin baik pertahanannya terhadap pilek dan penyakit umum lainnya dan vitamin c mungkin tidak mencegah seseorang terkena virus namun membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ada c vitamin di hampir setiap buah dan sayuran tapi ada juga kandungan vitamin c jauh lebih tinggi daripada yang lain. Cranberry dan melon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Sebenarnya, buah-buahan tropis memiliki jumlah vitamin c tertinggi dari semua buah. Paprika Pedas adalah salah satu sumber terkaya dari vitamin c untuk jenis sayuran. Semakin pedas, semakin tinggi kandungan vitaminnya. Sayangnya, vitamin c larut dalam air sehingga banyak sayuran kehilangan keefektifannya sebagai penyedia vitamin c jika direbus dalam waktu lama. Jumlah harian yang dianjurkan dari c vitamin mudah diperoleh dari makan lima porsi buah dan sayuran sehari jika dikonsumsi mentah atau dimasak dengan cepat.

Suplemen vitamin C sangat berguna untuk memastikan anda mendapatkan cukup vitamin. Namun, dengan diet seimbang, jumlah vitamin yang diterima tubuh sepertinya cukup memadai. Namun, jika seseorang mulai merasa lelah atau lesu maka suplemen vitamin c akan membantu mengatasi hal ini. Tidak ada bahaya mengkonsumsi terlalu banyak vitamin c karena tubuh akan membuang kelebihannya.

Demikian informasi tentang vitamin C dan kegunaannya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.