Shadow

Apa itu Vitamin B6 dan Kegunaannya?

Vitamin B6 dan Kegunaannya
Vitamin B6

Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah salah satu vitamin B yang paling serbaguna dan tubuh hanya membutuhkan jumlah yang relatif kecil. Vitamin B6 bekerja erat dengan semua vitamin B lainnya, terutama niasin, asam folat, dan Cobalamin dan berkontribusi pada banyak fungsi dalam tubuh. Vitamin B6 mengubah Asam amino menjadi protein dan juga diperlukan untuk mengubah gula yang tersimpan dalam tubuh menjadi energi. Pada dasarnya, vitamin B6 sangat penting untuk mengubah protein yang dikonsumsi menjadi protein yang dibutuhkan tubuh dan juga untuk mengubah karbohidrat dari bentuk yang disimpan ke dalam tubuh ke bentuk yang dapat digunakan sebagai tambahan energi.

Tubuh memerlukan sejumlah protein dan vitamin B6 memastikan bentuk protein yang benar tersedia bagi tubuh. Contohnya, vitamin B6 akan membuat hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke dalam sel darah, hormon yang bertugas mengatur tekanan darah, neurotransmitter dan berbagai enzim.

Asupan harian yang disarankan untuk vitamin B6 hanya sekitar 2,0 mg namun jumlah yang tampaknya tidak signifikan ini digunakan dengan sangat efisien di dalam tubuh untuk menghasilkan lebih dari enam puluh enzim yang berbeda. Sumber vitamin B6 terbaik adalah makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, unggas, dan daging dan juga ditambahkan ke sereal sarapan dan roti untuk memastikan bahwa setiap orang dapat mengkonsumsi tunjangan harian yang disarankan, bahkan jika tidak makan produk daging Sejumlah tambahan vitamin b6 bermanfaat untuk jantung dan sistem kekebalan tubuh. Suplemen vitamin B6 terkadang dibutuhkan penderita asma dan penderita diabetes. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa vitamin B6 bisa bersifat racun jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Karena vitamin B6 banyak ditemukan pada makanan umum, sebagian besar orang menerima jumlah vitamin dalam jumlah yang cukup dari makanan normal mereka. Ada beberapa kelompok yang mungkin perlu mengkonsumsi suplemen vitamin B6 untuk memastikan mereka memperoleh tunjangan harian yang disarankan. Misalnya, wanita hamil atau menyusui akan memerlukan jumlah vitamin B6 yang sedikit lebih tinggi untuk memungkinkan jumlah vitamin yang diserap oleh bayi meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan vitamin B6 tambahan dari konsumsi protein tinggi yang meningkat. makanan. Namun, vegetarian atau vegan yang ketat, dan anak-anak yang tidak mengonsumsi produk hewani mungkin memerlukan suplemen vitamin B6 karena sayuran dan buah merupakan sumber vitamin B6 yang buruk.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.