Shadow

Apa Dampak Gaya Hidup Modern terhadap Kesehatan Kita?

Gaya Hidup Modern
Gaya Hidup Modern

Gaya hidup adalah tentang pilihan hari ke hari yang kita buat: olahraga dan latihan fisik, pekerjaan, makanan, penampilan, serta waktu senggang. Menurut Dr. Tim Armstrong dari Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup seperti kanker dan diabetes mencapai 35 juta kematian setiap tahun (60% dari semua kematian).

Apa itu Gaya Hidup yang Tidak Sehat?

Kurang olahraga, makanan cepat saji, merokok, konsumsi alkohol dan kecanduan obat semuanya berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, tekanan psikologis dan emosional juga berpengaruh kepada kesehatan kita.

Dampak Gaya Hidup Modern terhadap Kesehatan

Kebiasaan tidak sehat berhubungan dengan penyakit metabolik, nyeri sendi, masalah tulang, masalah jantung, hipertensi, kelebihan berat badan dan banyak lagi. Nutrisi, vitamin, gaya hidup dan kesehatan sangat erat kaitannya, jadi sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh kita dalam kondisi prima.

Mari kita lihat beberapa poin yang mempengaruhi sebagian besar orang:

Body Mass Index (BMI) / Indeks Massa Tubuh (IMT): Jumlah konsumsi makanan cepat saji yang banyak, minuman berkarbonasi dan diet buruk dapat menyebabkan obesitas. Anda bisa belajar lebih banyak dari BMI Anda. Ini dihitung dari perhitungan yang mempertimbangkan berat dan tinggi badan Anda dan menentukan apakah Anda kekurangan berat badan, kelebihan berat badan atau obesitas dengan rumus berikut:

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan X Tinggi Badan)

Keterangan :
-Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
-Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)

Contoh Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Anda memiliki berat badan 65kg dan Tinggi Badan 1,70m (170cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ?

IMT = 65kg / (1,70 x 1,70)
IMT = 22,49 ? Normal

Nilai BMI/IMT
< 17,0 = Kurus, Kekurangan berat badan berat
17,0 – 18,4 = Kurus, Kekurangan berat badan ringan
18,5 – 25,0 = Normal
25,1 – 27,0 = Gemuk, Kelebihan berat badan tingkat ringan
> 27 = Gemuk, Kelebihan berat badan tingkat berat

Sumber : Departemen Kesehatan RI

Kurang olahraga: olahraga bisa mencegah insomnia, obesitas, masalah jantung, diabetes dan masih banyak lagi. Olahraga juga merupakan penghilang stres. Tapi karena jadwal sibuk kita, kita sering melewatkan rutinitas olahraga.

Tidur: Tidur yang tepat adalah dasar terbaik untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. Kantung mata, stres, depresi dan penambahan berat badan semuanya terjadi karena kurang tidur. Menggunakan komputer dan ponsel Anda sampai tengah malam mempengaruhi pola tidur Anda dan biasanya menyebabkan insomnia dan tidur yang terganggu. Kecanduan ponsel bisa berakibat depresi.

Kecanduan: Orang menjadi begitu sibuk dan stres sehingga mereka sering beralih ke narkoba, merokok dan / atau alkohol hanya untuk melepaskan diri dari jadwal padat mereka.

Obat-obatan: Kebanyakan orang menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter – hanya memberi tahu apoteker apa masalahnya dan meminta sesuatu untuk mengurangi rasa sakit. Ini dianggap sebagai pilihan berbahaya yang sangat tidak sehat! Selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter.

“Mager” (Malas Gerak): Membiarkan jam dan hari berlalu dan tidak melakukan apapun adalah yang terburuk dan penyebab utama penyakit dan kecacatan. Beberapa orang menyebut malas bergerak (ketidakaktifan fisik) masalah kesehatan masyarakat terbesar abad ke-21″.

Seperti kata pepatah, “kesehatan adalah kekayaan”. Kita semua harus mencoba dan memperbaiki diri kita sehingga kita bisa lebih sehat dan bahagia.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.