Shadow

5 Buaya Terbesar Yang Pernah Ada

buaya terbesar di dunia
Buaya Terbesar Yang Pernah Ada Di Dunia

Buaya adalah reptil berukuran besar yang ditemukan di daerah tropis seperti Amerika, Asia, Afrika, dan Australia. Buaya masuk dalam anggota ordo Crocodilia.

Ada 13 spesies buaya, sehingga ukuran buaya bervariasi. Buaya yang paling kecil adalah buaya kerdil. Panjangnya sekitar 1,7 meter dan memiliki bobot antara 6 – 7 kilogram. Buaya air asin merupakan buaya yang ukurannya paling besar. Yang terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 6,17 meter dan dapat memiliki berat hingga 907 kg.

Buaya adalah karnivora, yang berarti makanannya hanya daging. Di alam liar, mereka akan makan, burung, ikan, udang dan katak. Di kebun binatang, buaya biasa diberi makanan binatang kecil, seperti tikus atau ikan dan kadang kala belalang hidup.

Di alam liar, buaya akan menangkap mangsa dengan rahang mereka yang besar, menghancurkannya, dan kemudian ditelan secara utuh. Buaya tidak memiliki kemampuan untuk mengunyah atau memecah makanan menjadi potongan kecil seperti hewan lainnya. Berikut ini adalah daftar lima buaya terbesar yang pernah ada:

5. Brutus

5. Buaya Terbesar Di Dunia – Brutus

Brutus, yang usianya diperkirakan antara tujuh puluh hingga delapan puluh adalah pemburu ulung dan ahli dalam bertahan hidup. Buaya yang panjangnya delapan belas kaki ini adalah buaya air asin dan memiliki berat  dua ribu pon. Brutus kehilangan kaki depannya setelah bertarung dengan hiu.

4. Gustave

4. Buaya Terbesar Di Dunia Gustave
4. Buaya Terbesar Di Dunia Gustave

Gustave adalah buaya berukuran besar Sungai Nil jantan  dari Burundi. Dia terkenal karena sering memangsa manusia dan diperkiran sebanyak 300 orang telah jadi korbannya, mulai dari tepi sungai Ruzizi dan di pantai utara Danau Tanganyika. Meskipun jumlah korban sebenarnya sulit untuk dipastikan, Gustave telah  dianggap sebagai makhluk mistis dan sangat ditakuti oleh orang-orang di wilayah tersebut.

Karena Gustave belum ditangkap, panjang dan berat pastinya tidak diketahui. Pada tahun 2002, diperkirakan bahwa panjangnya bisa lebih dari 20 kaki atau 6 meter dan memiliki berat lebih dari satu ton. Tetapi beberapa perkiraan menyebutkan panjang Gustave 7,5 meter atau 25 kaki atau lebih. Gustave juga dikenal karena memiliki tiga bekas luka peluru di tubuhnya.

3. Cassius

3. Buaya Terbesar Di Dunia Cassius
3. Buaya Terbesar Di Dunia Cassius

Cassius adalah buaya air asin Australia berukuran 17 kaki 11,75 inci. Buaya air asin Australia adalah spesies buaya terbesar dan paling menakutkan dari spesies buaya saat ini. Mereka dapat hidup lebih dari 100 tahun, bisa tumbuh hingga 7 meter atau 23 kaki dan berat lebih dari satu ton atau 1,1 ton. Cassius berusia sekitar 100 tahun. Dia adalah buaya terbesar yang pernah ditangkap hidup-hidup di Australia dan dianggap sebagai pemakan manusia.

Cassius dipindahkan sekitar 3.200 kilometer atau 1.988 mil dari wilayah utara Australia ke Green Island pada tahun 1987 menggunakan truk.

2.  Yai

2. Buaya Terbesar Di Dunia Yai
2. Buaya Terbesar Di Dunia Yai

Yai adalah seekor buaya siam dan air asin hibrida atau buaya siam. Buaya terbesar ini dipelihara di penangkaran. Yai Lahir 10 Juni 1972 di Peternakan dan Kebun Binatang Buaya Samutprakarn yang terkenal di Thailand. Buaya ini berukuran 19 kaki dan 8 inci panjangnya dan beratnya 1,114, 27 kilogram.

1.  Lolong

1. Buaya Terbesar Di Dunia Lolong
1. Buaya Terbesar Di Dunia Lolong

Lolong – Meninggal 10 Februari 2013 dan merupakan buaya terbesar di penangkaran. Dia adalah buaya Indo-pasifik atau air asin dan berukuran 20 kaki dan 3 inci atau 6,17 meter dan berat 2,305 lbs atau 1,075 kilogram, merupakan salah satu buaya terbesar yang pernah diukur dari moncong sampai ke ekor. Lolong secara resmi disertifikasi oleh buku rekor dunia Guinness sebagai buaya terbesar yang hidup di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.