@## Tanggungjawab Lingkungan Dan Peran Informasi Biaya Lingkungan Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen: Studi Kualitatif

Judul Jurnal : Tanggungjawab Lingkungan Dan Peran Informasi Biaya Lingkungan Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen: Studi Kualitatif

Kategori : Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XIV (SNA 14)

Penulis : Andayani – Akhmad Riduwan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab lingkungan perusahaan, pendapat akuntan internal untuk informasi yang ada hubungannya dengan biaya lingkungan dan jenis biaya lingkungan dianggap penting, dan juga penggunaan informasi biaya lingkungan dalam mengambil manajemen keputusan.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan penelitian ini dilakukan di PT Reis (Persero), PT MDSA Laboratories, dan PT RMSH Tbk. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan akuntan internal, manajer keuangan, dan manajer produksi perusahaan, atau sisi yang mewakili.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab lingkungan perusahaan dapat diketahui melalui hasil pengukuran kinerja lingkungan dengan mengidentifikasi melalui elemen kunci ISO 14001. Akuntan internal perusahaan berpendapat bahwa biaya lingkungan adalah biaya yang terkait dengan proses produksi perusahaan dan produk yang mempengaruhi laba bersih perusahaan, juga biaya yang berkaitan dengan masyarakat, komunitas perusahaan. Beberapa jenis biaya lingkungan mengatakan sangat penting meskipun menurut spektrum biaya lingkungan dinyatakan memiliki tingkat yang sangat sulit dalam mengukur. Itu terjadi karena tidak ada standar akuntansi yang mengatur masalah pelaporan lingkungan dan pengukuran. Akuntan internal perusahaan dapat memainkan peran penting dalam mengubah data menjadi informasi tentang lingkungan dengan biaya identifikasi lingkungan yang penting, menginformasikan sebagai informasi biaya, dan mengintegrasikan biaya dalam keputusan manajemen. Apakah biaya adalah lingkungan, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa biaya yang relevan mendapatkan perhatian yang baik.

Kata kunci: tanggung jawab lingkungan, biaya lingkungan, informasi biaya lingkungan, keputusan manajemen.

(*Abstrak diterjemahkan dengan Google Translate)

SIMPULAN DAN KETERBATASAN PENELITIAN

Tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungan dapat diketahui melalui hasil pengukuran atas kinerja lingkungan dengan mengidentifikasi melalui elemen-elemen kunci ISO 14001, yang menunjukkan bahwa pendekatan-pendekatan maupun prosedur tertentu yang diterapkan perusahaan telah memiliki kesesuaian dengan sistem manajemen lingkungan seperti digambarkan dalam ISO 14001. Dari sudut pandang strategis, suatu perusahaan perlu mempertimbangkan tanggungjawab terhadap lingkungan bagi masyarakat dan komunitas bisnisnya. Apabila isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan diterjemahkan ke dalam satuan moneter yang merupakan bahasa bisnis universal, maka kemungkinan besar dapat dipertimbangkan sebagai salah satu faktor dalam pengambilan keputusan.

Akuntan intern perusahaan dapat memainkan peranan penting dalam mempertimbangkan informasi lingkungan melalui pengidentifikasian biaya-biaya lingkungan yang penting, melaporkannya sebagai informasi biaya serta mengintegrasikan biaya-biaya ini ke dalam keputusan manajemen. Informasi biaya lingkungan berguna dalam pengambilan keputusan manajemen. Apakah suatu biaya digolongkan sebagai biaya lingkungan, tujuan utamanya adalah untuk meyakinkan bahwa biaya relevan telah mendapat perhatian yang cukup dari pembuat keputusan dalam pengambilan keputusan manajemen untuk pengelolaan perusahaan,yaitu dalam hal operasional, disain dan proses produk, strategi pemenuhan lingkungan, investasi modal, pengendalian dan alokasi biaya.

Penelitian ini memiliki keterbatasan berikut. Pertama, penelitian ini dilakukan hanya pada tiga perusahaan, dan tidak dapat digeneralisasi pada semua perusahaan. Penelitian lanjutan masih diperlukan dengan menambah jumlah perusahaan baik berkarakteristik sama maupun berbeda dengan subjek penelitian ini. Kedua, pemahaman mengenai definisi akuntansi lingkungan dan biaya lingkungan masih sangat luas dan terus berkembang, sehingga pendapat key informan terhadap biaya-biaya lingkungan dalam penelitian ini, kemungkinan ambigu.

VIP Member Download (Login to download)

001
572.0 KiB
Details...

File ini hanya bisa diakses oleh VIP Member (Donatur)download jurnal akuntansi
Download Contoh Jurnal

Leave a Reply