Judul : Peran Asimetri Informasi Dan Peresponan Keinginan Sosial Sebagai Variabel Moderating Hubungan Antara Partisipasi Penganggaran Dan Kinerja Manajer Di Indonesia

Kategori : Jurnal Simposium Nasional Akuntansi VI (SNA 6)

Penulis : R.A. SUPRIYONO (DosenTetap Jurusan Akuntansi – Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada) dan AKHMAD SYAKHROZA (Dosen Tetap Jurusan Akuntansi – Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

ABSTRACT

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan partisipasi penganggaran dan kinerja manajer di Indonesia. Model teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) partisipasi penganggaran berpengaruh terhadap kinerja manajer, (2) asimetri informasi dan keinginan sosial menanggapi mewakili variabel moderating hubungan partisipasi penganggaran dan kinerja manajer, (3) interaksi antara partisipasi anggaran dengan informasi asimetri dan penganggaran partisipasi dengan keinginan sosial menanggapi positif dan signifikan mempengaruhi kinerja manajer. Untuk menguji hubungan, kuesioner survei diberikan kepada manajer akan perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Hasil analisis regresi moderator (MRA) mendukung hipotesis.

Kata kunci: partisipasi anggaran, manajer kinerja, asimetri informasi, keinginan sosial merespons.

Hipotesis

  • H1: Partisipasi penganggaran dan kinerja manajer mempunyai hubungan positif yang signifikan.
  • H2A: Asimetri informasi merupakan variabel moderating terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer.
  • H2B: Interaksi antara asimetri informasi dan partisipasi penganggaran mempengaruhi secara positif dan signifikan kinerja manajer.
  • H3A: Peresponan keinginan sosial merupakan variabel moderating terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer.
  • H3A: Peresponan keinginan sosial merupakan variabel moderating terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran dengan kinerja manajer.

METODE Pengumpulan Data
Kuesioner survei studi ini dikirimkan lewat Kantor Pos kepada 307 direktur utama (president director) perusahaan go public yang terdaftar pada Capital Market Directory Tahun 2001 (direktori yang paling mutakhir saat survei ini dilakukan). Setiap direktur utama perusahaan dikirimi sebuah amplop berisi sebuah surat permohonan pengisian kuesioner penelitian dan 10 buah kuesioner untuk diisi oleh para manajer pusat pertanggungjawaban level satu sampai empat di bawah direktur utama, dengan demikian, jumlah kuasioner yang dikirimkan sebanyak 3070 buah.

Kesimpulan
Berdasakan hasil pengujian data yang telah dilakukan dapat disusun konklusi hasil uji hipotesis studi ini adalah sebagai berikut: (1) partisipasi penganggaran (PP) dan kinerja manajer (KM) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan, (2) asimetri informasi (AI) dan peresponan keinginan sosial (PKS) merupakan variabel moderating yang signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penganggaran (PP) dan kinerja manajer (KM), (3) interaksi antara asimetri informasi (AI) dan partisipasi penganggaran (PP) serta interaksi antara peresponan keinginan sosial (PKS) dan partisipasi penganggaran (PP) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajer (KM).

VIP Member Download (Login to download)

2
453.6 KiB
Details...

File ini hanya bisa diakses oleh VIP Member (Donatur)download jurnal akuntansi
Download Contoh Jurnal

Leave a reply