Judul Jurnal : ANALISIS PENGARUH PENURUNAN/PEROLEHAN PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN KEDALAM KATEGORI NON-INVESTMENT GRADE TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA

Kategori : SNA 7

Penulis : Jack Febrianci Adel

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penurunan peringkat peringkat obligasi dengan praktek manajemen laba. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan mengamati peringkat obligasi pada 20 perusahaan (non-investment grade dan grade investasi) yang dipilih dengan purposive sampling. Perusahaan-perusahaan sampel terdiri dari 20 perusahaan dalam database peringkat obligasi PT. PEFINDO. Data laporan keuangan diperoleh dari Laporan Keuangan Perusahaan Publik di BEJ dan database Program Doktor Universitas Gadjah Mada.

Hasil analisis menggunakan uji – t menunjukkan hal berikut: Ada perbedaan yang signifikan dalam praktek manajemen laba antara periode sebelum dan periode setelah penurunan peringkat obligasi. Hal ini menunjukkan bahwa kasus penurunan peringkat obligasi secara signifikan mempengaruhi manajemen yang tercermin dalam perubahan praktek manajemen laba. Bukti empiris menunjukkan bahwa manajer perusahaan mendekati ikatan pelanggaran kontrak merespon dengan pendapatan yang meningkat merupakan penentu penting dari praktek manajemen laba.

Kata Kunci: Penurunan Peringkat Obligasi , Manajemen laba, kontrak obligasi

Hipotesis

  • H1 : Rata-rata discretionary accruals setelah peringkat obligasi perusahaan berada dalam kategori non-investment grade lebih tinggi dari rata-rata discretionary accruals sebelum peringkat obligasi perusahaan berada dalam kategori non-investment grade.
  • H1 : Rata-rata discretionary accruals setelah peringkat obligasi perusahaan berada dalam kategori non-investment grade lebih tinggi dari rata-rata discretionary accruals sebelum peringkat obligasi perusahaan berada dalam kategori non-investment grade.

SIMPULAN, KETERBATASAN DAN IMPLIKASI PENELITIAN

Pengujian hipotesis alternatif penelitian ini yang dilakukan dengan menggunakan alat uji beda parametrik T-Test menemukan bahwa terdapat bukti empiris yang menyatakan bahwa manajemen perusahaan merespon penurunan/perolehan peringkat obligasi non-investment grade perusahaannya dengan melakukan praktik manajemen laba yang meningkatkan laba melalui discretionary accruals positif.

Dalam penelitian ini terdapat keterbatasan yang tidak dapat dihindari oleh peneliti. Keterbatasan yang dimaksud tentu saja akan berpengaruh pada hasil penelitian ini. Adapun keterbatasan tersebut adalah: 1) kecilnya jumlah sampel yang tersedia dan dapat diproses dalam penelitian ini dapat mempengaruhi hasil penelitian, oleh sebab itu peneliti berpendapat bahwa hasil penelitian haruslah diinterpretasikan secara hati-hati, 2) penggunaan data laporan keuangan perusahaan pada periode krisis ekonomi dan kemungkinan krisis tersebut mempengaruhi ekonomi perusahaan, diperdugakan mampu memberikan pengaruh terhadap hasil penelitian ini.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan penelitian ilmu akuntansi keuangan dalam mempelajari mengenai kandungan informasi (information content) dari peringkat obligasi dan perilaku manajemen perusahaan dalam merespon peringkat obligasi perusahaannya.

Saran yang dapat dipertimbangkan terkait dengan pengembangan penelitian ini untuk diteliti lebih lanjut adalah:

  • kecilnya jumlah sampel dan ketersediaan data dalam penelitian ini, oleh karena itu peneliti menyarankan agar kiranya penelitian ini dapat diulangi kembali di masa mendatang dengan jumlah sampel yang jauh lebih besar.
  • meneliti lebih lanjut mengenai alasan yang melatarbelakangi manajemen perusahaan melakukan praktik manajemen laba melalui discretionary accruals negatif atau melakukan penurunan laba perusahaan sebelum mengalami penurunan/perolehan peringkat obligasi non-investment grade.
  • meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh praktik manajemen laba yang dilakukan manajemen perusahaan kategori non-investment grade terhadap perubahan peringkat obligasi perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban seperti yang tercantum didalam kontrak hutang obligasi.

VIP Member Download (Login to download)

NASKAH 10 045-KOM-E-PMAK20
Download File: NASKAH 10 045-KOM-E-PMAK20
NASKAH_10_045-KOM-E-PMAK20.pdf
449.9 KiB
Details...

File ini hanya bisa diakses oleh VIP Member (Donatur)download jurnal akuntansi
Download Contoh Jurnal

Leave a reply