Judul Jurnal : Analisis Pengaruh Lingkungan Strategi, Budaya, dan Perencanaan Strategi terhadap Kinerja Perusahaan Daerah (Studi Kasus Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Sulawesi Selatan)

Kategori : Jurnal Akuntansi Sektor Publik (ASP) – SNA 13

Penulis : Mediaty (Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin)

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dan kejelasan tentang fenomena pengaruh lingkungan strategis, budaya, dan perencanaan strategis terhadap kinerja waterwork kota dalam metode Sulawesi.The Selatan diikuti adalah penelitian survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-verifikasi. Untuk menguji hipotesis model persamaan struktural dan Kuadrat Terkecil Parsial telah digunakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan strategis tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap perencanaan strategis PDAM Kota di Sulawesi Selatan. (2) Budaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perencanaan strategis PDAM Kota di Sulawesi Selatan (3) lingkungan strategis memiliki pengaruh positif dan signifikan langsung terhadap perencanaan strategis PDAM Kota di Sulawesi Selatan.. (4) Budaya memiliki langsung positif dan pengaruh signifikan terhadap kinerja PDAM Kota di Sulawesi Selatan. (5) Perencanaan strategis memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja PDAM Kota di Sulawesi Selatan (6) lingkungan strategis memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja PDAM Kota. di Sulawesi Selatan oleh tidak diterima (ditolak) perencanaan strategis (7) Budaya. memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja PDAM Kota di Sulawesi Selatan dengan perencanaan strategis.

Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa perencanaan strategis dapat memiliki pengaruh lebih besar pada kinerja perusahaan. Oleh karena itu manajemen dan perencana strategis perlu mengamati lingkungan strategis dalam cara yang jauh lebih komprehensif dalam upaya mereka untuk membuat rencana strategis dari apa yang biasanya sedang dilakukan.

Kata kunci: kinerja dari tata air kota, lingkungan strategis, budaya, dan perencanaan strategis

Hipotesis :

  • HIPOTESIS 1: Lingkungan strategis berpengaruh posistif terhadap perencanaan strategi.
  • HIPOTESIS 2: Budaya berpengaruh positif terhadap perencanaan strategis PDAM di Sulawesi Selatan.
  • HIPOTESIS 3: Lingkungan strategi berpengaruh positif terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan.
  • HIPOTESIS 4: Budaya berpengaruh positif terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan.
  • HIPOTESIS 5: Perencanaan strategis berpengaruh positif terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari penelitian ini, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan antara lain;

  • Pertama, secara simultan lingkungan strategis yang terdiri dari lingkungan politik-hukum, lingkungan ekonomi-sosial, teknologi, budaya, dan perencanaan strategis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan perspektif balance scorecard.
  • Kedua, secara parsial lingkungan strategis yang terdiri dari lingkungan politik-hukum, lingkungan ekonomi-sosial, dan teknologi berpengaruh secara positif, dan signifikan terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan, namun lingkungan strategis berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap perencanaan strategis. Dengan kata lain lingkungan strategis berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, namun pengaruhnya tidak secara langsung melainkan melalui rumusan-rumusan perencanaan strategis.
  • Ketiga, hasil penelitian ini memperkuat kebenaran banyak teori sebelumnya yang mengatakan bahwa organisasi sektor publik menghadapi turbulensi yang sangat kompleks menyangkut perubahan lingkungan sosial, ekonomi, politik dan hukum sehingga menuntut perumusan dan penyusunan perencanaan strategis yang selalu mengembangkan berbagai strategi yang efektif dan efisien untuk memperbaiki organisasi secara terus-menerus (continuous improvement). Fakta tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian ini yang menemukan lingkungan strategis berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan melalui perencanaan strategis.
  • Empat, hasil penelitian ini menemukan bahwa ternyata budaya pada PDAM di Sulawesi Selatan berpengaruh secara positif, dan signifikan terhadap kinerja PDAM di Sulawesi Selatan, melalui perencanaan strategis. Hal ini berarti bahwa budaya berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, namun pengaruhnya tidak secara langsung melainkan melalui rumusan-rumusan perencanaan strategis.

VIP Member Download (Login to download)

ASP 25
288.8 KiB
Details...

File ini hanya bisa diakses oleh VIP Member (Donatur)download jurnal akuntansi
Download Contoh Jurnal

Leave a reply